PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perusahaan yang menjalankan aktivitasnya baik perusahaan yang bergerak di
bidang barang maupun jasa mempunyai tujuan yang sama yaitu memperoleh
keuntungan. selain itu perusahaan juga ingin memberikan kepuasan atas produk
yang dihasilkannya, karena kepuasan konsumen menjadi tolak ukur dari
keberhasilan perusahaan dalam menghasilkan produk yang berkualitas, dan yang
diinginkan oleh konsumen.
pemasaran merupakan salah satu ilmu ekonomi yang telah berkembang, dan
sampai pada saat sekarang ini pemasaran sangat mempengaruhi keberhasilan suatu
perusahaan untuk bisa bertahan di dalam pangsa pasar. Oleh karena itu
diperlukan strategi pemasaran yang dapat memberikan pengaruh untuk menentukan
berhasil atau tidaknya dalam memasarkan produknya. apabila strategi pemasaran
yang dilakukan perusahaan tersebut mampu memasarkan produknya dengan baik, hal
ini akan berpengaruh terhadap tujuan perusahaan.
1.2 Rumusan
Masalah
Rumusan masalah adalah sebagai berikut :
1. Apa
itu Pemasaran?
2. Fungsi
dari pemasaran itu sendiri?
3. Apa
Konsep-Konsep pemasaran yang ada?
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pemasaran
Apa itu pemasaran?
Pemasaran adalah proses memenmukan keinginan dan kebutuhan pelanggan dan
kemudian menyediakan barang dan jasa guna memenuhi atau melebihi pelanggan
tersebut. Menurut American Marketing Association, Pemasaran adalah fungsi
organinisaional dan proses menciptakan, mengkomunikasikan, serta memberikan
nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan.
Pemilik took serba ada
Marshall Field menjelaskan pemasaran dengan cuku jelas ketika ia memberi
intruksi kepada salah satu karyawannya untuk ”Memberikan apa yang wanita inginkan” kalimat tersebut menjadi moto
perusahaan dan tetap menjadi ungkapan bisnis yang benar. Pelaku pemasaran yang baik tidak hanya memberikan
apa yang diinginkan pelanggan, tetapi juga mengantisipasi kebutuhan pelanggan
sebelum kebutuhan tersebut muncul. Idealnya, mereka dapat bersaing dengan
menciptakan hubungan antara kebutuhan baru dan pemenuhan kebutuhan tersebut
dengan produknya. Principal Finacial Grup memasarkan rencana pension karyawan
ke perusahaan lain sebagai
strategi untuk mempertahankan karyawan terbaik mereka. NetJets menawarkan
kepemilikan jet fraksional kepada eksekutif yang menginginkan kemewahan dan
fleksibilitas kepemilikan pribadi dengan harga yang lebih rendah. Samsung
menawarkan tv dengan resolusi tinggi (High
Definition) generasi baru dengan merek dagang Cinema Smoot Light Engine. “Berhentilah menonton tv,” kata
iklannya. “Hiduplah didalamnya.”
Seperti yang
diilustrasikan contoh ini pemasaran, pemasarn leboh dari sekedar menjual.
Pemasaran adalah proses yang dimulai dengan mencara kebutuhan pelanggan yang
belum terpenuhi dan dilanjtkan dengan meneliti pasar potensial, memproduksi
barang atau jasa yang dapat memuaskan pelanggan; serta mempromosikan,
memberikan harga, dan mendistribusikan barang atau jasa tersebut. Disepanjang
proses pemasaran, organisasi yang sukse berfokus pada membangun hubungan
pelanggan.
Ketika dua pihak atau
lebih mendapatkan keuntungan dengan memperdagangkan barang yang memiliki nilai,
mereka memasuki proses pertukaran.
Proses petukaran adalah aktifitas dimana dua pihak atau lebih memberikan
sesuatu yang bernilai kepada satu sama lain untuk memenuhi kebutuhannya.
Fungsi-Fungsi Pemasaran
Pemasaran memengaruhi
berbagai aspek organisasi dan hubungannya dengan pelanggan. Kemampuan barang
atau jasa untuk memenuh keinginan dan kebutuhan pelanggan disebut utilitas.
Dalam Menciptakan utilitas waktu, tempat dan kepemilikan, pemasaran memainkan
delapan fungsi dasar yaitu membeli, menjual, mengangkut, menyimpan, membuat
standar, dan memberi peringkat, mendanai, mengambil resiko, serta menjamin
informasi pasar.
Membayar dan membeli
adalah fungsi pertukaran dari pasar. Pemasar harus mempelajari mengapa konsumen membeli
barang dan jasa tertentu. Sesungguhnya, studi tentang perilaku konsumen sangat
penting bagi kesuksesan perusahaan secara keseluruhan.
Pengangkut meliputi pergerakan fisik suatu
produk dari penjual ke pembeli, dan penyimpanan termasuk menetapkan barang
dalam Gudang sampai saatnya untuk dijual. Membuat standart dan memberi
peringkat menjamin bahwa penawaran produk memenuhi kriteria kualitas dan
kuantitas yang telah ditentukan dalam hal ukuran, berat, dan variable prduk
lainnya. Produk dalam banyak industri, seperti produk pertanian dan mobil,
harus memenuhi standar peringkat khusus. Fungsi mendanai termasuk memberikan
kredit kepada konsumen, penjual grosir dan pengecer.
Dalam Fungsi Pemasaran
terakhir, perusahaan mengumpulkan dan menganalisis informasi pasar untuk
menentukan apa yang akan dijual dan siapa yang akan membelinya. Fungsi
pengambilan risikio berasal dari ketidak pastian tentang bagaimana konsumen
akan bereaksi terhadap produk yang dirancang untuk penjualan dimasa depan.
Pemasar harus bertindak sebagai pengambil risiko layaknya pengusaha dalam
banyak hal.
2.2 Konsep
pemasaran
konsep
pemasaran adalah suatu konsep dan
cara dasar yang di terapkan dalam melakukan strategi manajemen pemasaran produk
atau jasa pada sebuah organisasi ataupun perusahaan. Ada juga yang
mendefinisikan pengertian konsep
pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis
yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan
sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan. Dalam konsep pemasaran terbagi enam
konsep yaitu konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep
pemasaran, konsep pemasaran sosial, dan konsep pemasaran global. Dibawah ini
adalah pemaparan dari keenam konsep pemasaran yang ada:
Pertama : Konsep
produksi
artinya
konsep bagaimana supaya konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana
dan harganya murah. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan
segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk tinggi dan distribusi yang luas.
Disini tugas manajemen adalah memproduksi barang sebanyak mungkin, karena
konsumen dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya
beli mereka.
Kedua : Konsep
produk
konsep
dimana konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performansi dan
ciri-ciri yang terbaik. Tugas manajemen disini adalah membuat produk
berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam
penampilan dengan ciri – ciri terbaik
Ketiga : Konsep
penjualan
konsep
yang menjadikan konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi harus
melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif. diusahakan agar konsumen
tertarik dengan produk yang di tawarkan.
Keempat : Konsep
pemasaran
konsep
ini dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan
dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara
lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.
Kelima : Konsep
pemasaran sosial
merupakan
bentuk dari tugas suatu organisasi yang menentukan kebutuhan, keinginan dan
kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara
yang lebih efektif dan efisien dari pada para pesaing dengan tetap melestarikan
atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
KeEnam : Konsep
Pemasaran Global
konsep
pemasaran Global dimaksudkan supaya seorang manajer eksekutif berupaya memahami
semua faktor- faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen
strategis yang mantap. tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan
semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
setelah menyelesaikan seluruh isi makalah
tentang pengertian dan konsep pemasaran, kami menyimpulkan pemasaran adalah proses
menemukan keinginan dan kebutuhan pelanggan dan kemudian menyediakan barang dan
jasa guna memenuhi atau melebihi pelanggan tersebut. sedangkan konsep pemasaran
adalah suatu konsep dan cara dasar yang di terapkan dalam melakukan strategi
manajemen pemasaran produk atau jasa pada sebuah organisasi ataupun perusahaan
3.2
Saran
Dalam menghadapi persaingan pemasaran,
penentuan konsep pemasaran sangat penting dan hal ini juga harus ditunjang oleh
manajer pemasar yang profesional dan memiliki kreatifitas yang tinggi. Jadi
tempatkanlah manajemen pemasaran anda sebagai bagian penting dalam perusahaan
demi mencapai tujuan bisnis.